Menambah Umur dengan Berbakti kepada orangtua

berbakti kepada orang tuaSelain sebagai kewajiban mutlak seorang anak, berbakti kepada orangtua juga memiliki fadhilah memperpanjang umur.

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wasallaam bersabda:

“Barangsiapa berbakti kepada kedua orangtuanya, maka Allaah akan menambah umurnya.” (HR. Al-Baihaqi)

Rasulullaah bersabda:

“Barangsiapa senang (berharap) Allah memperpanjang umurnya dan menambah rizkinya, maka hendaklah berbakti kepada kedua orangtuanya dan menyambung hubungan sanak family.” (HR. al-Baihaqi)

Barangkali kita bisa mengambil hikmah dari sabda Rasulullah tersebut. Yaitu, usia seorang anak dipanjangkan oleh Allah karena Allah hendak mengamanahkan penjagaan orangtuanya kepadanya. Dari sanalah sang anak meraup keuntungan besar berupa pahala birul walidain.

Sang orangtua juga demikian, di tengah lelah dan sakitnya, ia mendapatkan karunia ketenangan dan suguhan qurrota a’yun, dari anak-anak yang setia mendampingi.

Allah mengasihi orangtua tersebut dengan memberikan anak yang setia berada di sisinya. Allah panjangkan usia sang anak karena ia memberi manfaat untuk kedua orangtuanya.

Sebaliknya, bila seseorang anak tak dirasakan keberadaannya oleh orangtuanya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak merasa perlu untuk memberinya usia tambahan.

Wallaahu A’lam bisshowab

Majalah Nurul Hayat Edisi 169  Februari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *