Memperpanjang Usia dengan Menyambung Tali Silaturrahim

ukhuwahOrang-orang yang mudah bergaul, terbuka, mudah bersosialisasi, tidak tertutup, memiliki tingkat stress lebih rendah daripada yang lain.

Secara psikis mereka lebih memiliki daya tahan yang tentu berpengaruh positif pada fisiknya. Sikap-sikap tersebut, terangkum dalam sebuah akhlak yang sangat dianjurkan dalam Islam yaitu “gemar bersilaturahim.”

Silaturahmi atau hubungan sosial yang kuat bisa memperpanjang umur hingga 50 persen lebih lama.

Memiliki hubungan sosial yang baik seperti dengan teman, pernikahan atau anak, sama baiknya dengan menjaga kesehatan seperti halnya berhenti merokok, menurunkan berat badan atau bahkan minum obat. Demikian hasil penelitian dipublikasikan di jurnal PLOS Medicine terbitan Public Library of Science oleh Tim Analisis Brigham Young University Utah, dipimpin oleh pakar psikolog, Hold Lunstad, melalui 148 penelitian terhadap 308 ribu lebih orang yang kehidupannya diikuti selama rata-rata 7,5 tahun.

Penelitian baru menyimpulkan, orang tua atau lanjut usia (lansia) yang sering bersilaturrahmi atau interaksi sosial, lebih panjang umurnya dibandingkan mereka yang lebih banyak sendirian dan terisolasi secara sosial. Sejumlah penelitian telah mengaitkan antara kesepian dan isolasi sosial dengan peningkatan resiko kematian.

Maka benarlah sabda Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahim.” (HR. Bukhari)

Dalam silaturrahim kita menemukan suasana baru, inspirasi, luasnya dunia, doa sahabat, lebih-lebih keridhaan dan kecintaan dari Allaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *