Inspirasi 4 Wanita Penghulu Surga

wanita penghulu surga

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,

“Penghulu wanita di Surga ada 4. Maryam binti Imran, Fatimah binti Muhammad, Khadijah binti Khuwailid dan Asiyah binti Muzahim.” (HR. Thabrani)

Empat wanita yang disebutkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam tersebut memiliki kedudukan istimewa di Surga.

Ada bagian dari 4 penghulu Surga itu yang wanita manapun tidak bisa menirunya.

Misalkan, Ibunda Khadijah dan Fatimah. Mereka mendapatkan kemuliaannya karena sebagai istri dan putri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Ibunda Maryam, beliau memang dipilih oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk rahimnya dititipkan seorang nabi terkasih, Nabi Isa ‘alaihi salam.

Juga Ibunda Asiyah, dari kelembutan tangan beliaulah Nabi Musa ‘alaihi salam tumbuh sebagai laki-laki baik.

Namun sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam di atas tentu bukan hanya untuk mengungkit mulianya 4 wanita tersebut dalam segi kekerabatan. Karena jika demikian, ia tidak memberikan inspirasi apa-apa kepada kaum wanita lainnya.

Apalah arti mulianya kekerabatan, kalau pribadinya sendiri tidak baik. Yang ini kita akan ingat dua wanita yang dilaknat Allah Subhanahu wa Ta’ala, padahal mereka adalah istri Nabi. Yaitu istri Nabi Nuh ‘alaihi salam dan istri Nabi Luth ‘alaihi salam. Kurang apa coba, suaminya sholeh, manusia pilihan Allah Subhanahu wa Ta’ala, tapi kesholehan suaminya gagal membuat mereka bergerak dalam amaliah surga.

Karenanya, kebaikan 4 wanita penghulu surga, pada dasarnya diperoleh karena kepribadian anggun yang mereka tunjukkan. Mereka memperolehnya, karena sanggup membayar harganya. Mereka berkorban, bersusah-payah dan mengupayakan surganya sendiri. Pada bagian inilah kita akan mengambil inspirasi.

Menariknya, sepertinya semua wanita di dunia ini terwakili sisi kehidupannya oleh 4 wanita penghulu surga.

Mungkin di antara Anda mengalami hidup hampir mirip Ibunda Khadijah.

Atau seperti Fatimah.

Sisi-sisi kehidupan mereka seakan-akan memang ditakdir oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menjadi ibrah bagi semua wanita muslimah.

Asal mau merenungkan saja, Insya Allah tidak ada satupun wanita yang tidak menemukan inspirasinya dari 4 wanita penghulu surga.

Sekedar penyemangat agar tak merasa berat, sadarilah oleh kita bahwa ujian kita tak sebesar yang mereka hadapi.

Maka mengambil cara mereka menyikapi hidup, adalah satu hal yang bukan tidak mungkin kita lakukan.

Silahkan dibayangkan, di bawah panji siapa kira-kira kelak Anda akan berdiri di Surga. Alhamdulillah.

Wallaahu a’lam bishhowab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *