Beda Ons dan Ounce

 

ons dan ounce

Beda ons dan ounce (sumber: www.convertunits.com)

Gambar dari beberapa konversi di atas mungkin bisa mencerahkan dan menambah pengetahuan kita, bahwa ons berbeda dengan ounce. 1 ons = 100 gram tapi 1 ounce = 28.349523125 gram. Mungkin banyak sekali yang beranggapan bahwa ons itu sama dengan ounce dilihat dari bunyi pengucapannya yang hampir sama, padahal keduanya berbeda.

Kita lihat di gambar bahwa setelah kata ons ada kata Dutch. Dan hal ini memang menunjukkan bahwa di Dutch atau Belanda, 1 ons memang sama dengan 100 gram. Pada awalnya Kerajaan Belanda menggunakan metric system lalu pada tahun 1812 menggunakan mesures usuelles. Mesures usuelles adalah sistem pengukuran yang diperkenalkan oleh Napoleon I pada tahun 1812 yang mengkompromikan metric system dan pengukuran tradisional. Belanda menggunakan sistem pengukuran ini saat berada dibawah imperium Prancis saat itu.

1 ons saat itu memang sekitar 30 gram, kemudian dibawah peraturan Royal decree of 27 March 1817 (Koningklijk besluit van den 27 Maart 1817) Kerajaan Belanda meninggalkan Mesures usuelles dan beralih ke Dutch Metric System (Nederlands metrisch stelsel). Salah satu contoh ukuran dari Dutch Metric System sendiri adalah 1 ons = 100 gram. Di Indonesia sendiri, kita lebih banyak menggunakan satuan 1 ons = 100 gram, mungkin penyebabnya karena negara kita pernah dijajah oleh Belanda sehingga kita pun menggunakan konversi ini.

Kesalahan memahami ini juga bisa mengakibatkan kesalahan dalam menakar sesuatu, misalkan salah menakar resep, obat, atau bahan lainnya. Yang terpenting perhatikan dengan teliti ukuran yang akan digunakan. Jadi jangan salah menakar ya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *